Selasa, 17 Juni 2014

LOMPAT TALI

lompat tali
Lompat Tali

Lompat Tali adalah sebuah permainan Tradisional yang dimainkan oleh beberapa anak ( orang ). Permainan lompat tali ini biasanya dimainkan oleh anak - anak perempuan tetapi tak jarang pula anak laki - laki memainkannya.Permainan tali merdeka ini berjumlah dari 3 (minimal, 1 pelompat 2 pemegang tali) sampai 10 orang. Pemain dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu pemegang karet dan pelompat karet. Pada umumnya anak-anak yang memainkan permainan ini berusia antara 7 tahun – 15 tahun, namun karena menariknya permainan ini, biasanya anak perempuan yang main permainan ini pada umumnya. permainan hiburan Namun ada anak laki-laki masih ada juga yang memainkannya. Namun untuk perempuan yang berusia 15 tahun ke atas, mereka sudah tidak seminat waktu kecil memainkan permainan ini, karena takut auratnya terlihat pada saat melompat.

Cara memainkannya juga bisa beragam, tidak hanya direntangkan secara statis oleh dua orang anak. Tali karet bisa digerakkan sehingga yang melompat harus cekatan agar tak sampai terbelit oleh tali tersebut. Si anak harus teliti dan mengikuti ritme goyangan tali temannya. Keseruan seperti itulah dulu yang membuat saya selalu bersemangat bermain lompat tali karet ini. Biasanya sehabis bermain lompat tali karet ini kami seperti habis melakukan olahraga lari jarak jauh. Jarang sekali badan kami tak berkeringat. Ternyata permainan lompat tali karet jauh lebih menyehatkan. Tidak hanya memiliki nilai olahraga saja, kekompakan, semangat serta kreativitas pun menjadi modal dalam permainan ini. Permainan lompat tali karet ini juga tidak terbatas untuk anak perempuan saja, karena anak laki-laki pun bisa ikut serta memainkannya.

Permainan lompat tali karet ini sangat jauh dari sentuhan teknologi. Bagi anak-anak yang tumbuh di kota-kota besar, mungkin permainan ini tak pernah mereka kenal karena dunia mereka sekarang lebih dekat dengan ragam permainan yang menggunakan sentuhan tekonolgi canggih. Begitu juga dengan kedua anak saya. Mereka sangat antusias melihat permaian sederhana tapi cukup mengasyikkan itu.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...