Jumat, 13 Juni 2014

Gerobak sapi Riwayatmu kini

Gerobak Sapi
Gerobak Sapi
Mungkin saat ini sudah menjadi pemandangan langka untuk meluhat gerobak sapi. di masa - masa kolonial bahkan sebelumnya  gerobak sapi menjadi primadona sebagai alat transportasi angkutan barang dan lainya. Sebagai Contoh, di Jawa  pabrik-pabrik gula menggunakan pedati yang ditarik sapi untuk mengangkut tebu, begitu juga dengan hasil perkebunan lainya. Terkadang pedati merupakan kendaraan perantara antara pedalaman dengan kota.ataupun sebagai alat pengangkut perantara antara desa dengan desa ataupun kota dengan kota.
Saat ini perkembangan jaman semua sudah menggunakan hal - hal yang berbasis motor penggerak. Bukan makluk hidup lagi yang di gunakan sebai tenaga penggerak. sekarang di jalan - jalan banyak kita jumpai Truk - truk dengan ukuran raksasa dan tenaga yang luar biasa. mungkin itulah yang membuat gerobak sapi semakin terlupakan. Apalah daya si Gerobak sapi dengan kekuatan yang kecil dan kecepatannya yang tidak jauh lebih cepat dari langkah manusia.
Gerobak sapi saat ini mungkin hanya kita jumpai saat ada festival, atau karnaval kebudayaan daerah. itupun tidak memperlihatkan fungsi asli sebenarnya dari gerobak sapi tersebut. hanya sebuah arak - arakan gerobak sapi tersebut bercampur dengan pernik - pernik modern di sekelilingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...