Senin, 16 Juni 2014

JAMURAN

JAMURAN


Jamuran adalah permainan tradisional yang berasal dari jawa. permainan ini biasanya di mainkan oleh 4 - 8 orang. Cara bermain Jamuran sangatlah sederhana. Diawali dengan suit atau cara lain untuk mengundi bertujuan untuk menentukan siapa yang harus jaga. Yang kalah harus berada di lingkaran, dan sisanya membuat lingkaran besar sambil bergandengan tangan dan menyanyikan lagu jamuran sambil bergoyang ke kiri dan ke kanan dengan menyanyikan lrik lagu jamuran yang kira - kira seperti ini :


Jamuran ya ge ge thok
Jamu apa ya ge ge thok
Jamur gajih mberjijih sak ara-ara
Semprat-semprit Jamur apa



banyak variasi lirik lainya, tetapi pada intinya nada pada lagunya tetap sama. Jika pembaca ingin bernostalgia dengan lagu jamuran tersebut mungkin bisa download lagunya klik disini

permainannya seperti di atas dan selanjutnya setelah mendengar permintaan anak yang di tengah, semuanya pun harus berubah menjadi jamur yang diminta, jika tidak mengikuti perintah maka anak tersebut dianggap kalah dan harus menjadi orang yang berdiri di tengah menggantikan temannya yang tadi. Permainan ini pun biasanya akan diulang terus-menerus hingga lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...